Minggu, 14 Oktober 2012

kiat sukses ujian



MAU UJIAN?
PAKE JURUS BELAJAR YANG JITU!

   Ujian, testing, ulangan, atau apapun namanya gak mungkin dihindari selama kamu masih sekolah. Makanya, gak perlu deg-degan, gak perlu keringatan kalo mo ngadepin ujian. Asal tau cara ngadepinnya, ujian apapun bisa kamu libas habis! Gak perlu begadang, gak perlu nyontek, dan gak perlu nanya-nanya temen saat ujian. Cukup gunain 7 jurus mandraguna ujian berikut ini.
  Mau tahu apa aja jurusnya? Ini dia...cekidotttt!



JURUS 1 : JURUS SINGKAT-PADAT
Ikutin langkah-demi langkah jurus pembukaan ini, siaaap!:
  •     Bikin catatan yang pokok-pokoknya aja. Gak usah bertele-tele. Yang penting inti apa yang diajarin Sang Guru bisa kamu tangkep dan catat di buku.
  •     Kalo ada pokok yang belum jelas, tanya langsung aja sama gurunya. Gak usah malu, gak usah sungkan. Pasti banyak kok, teman yang terima kasih pada kamu.
  •     Malemnya, baca lagi catatan pokok tadi. Karena ringkas, pastinya gak butuh waktu lama, kan?



JURUS 2 : JURUS MEMILIH WAKTU
    Waktu yang paling tepat untuk belajar adalah sebelum makan malam. Atau jam-jam habis makan juga masih tepat. Dengan begini, kamu bisa tidur lebih cepat dan cukup, bangun pagi seger dan otak pun encer dan fresh!
    Kalo kamu milih waktu belajar di tengah malam, nantinya pas ujian  badanmu malah gak seger alias ngantuk dan loyo karena kurang tidur.

JURUS 3: JURUS TEMPAT TENANG
Jurus ini sederhana, suasana dan tempat yang tenang membantu konsentrasi belajar tetap tinggi. Gimana jurus untuk dapat tempat yang tenang?
  •    Jangan belajar di pinggir jalan raya, di tengah pasar, apalagi di    tengah-tengah orang lagi demo!
  •     Carilah tempat yang tenang. Di rumah, kamu bisa atur kamar supaya gak berisik. Kalo suka belajar sambil dengerin musik, cari musik yang soft aja.
  •     Di sekolah, kamu bisa pilih di perpustakaan sekolah.


JURUS 4: JURUS KUASAI WILAYAH BARU
    Anggap materi yang sudah kamu kuasai adalah wilayah kekuasaanmu. Dan anggap materi yang belum kamu pahami adalah wilayah baru yang mau dijelajahi. Menantang, kan! Baca, cari buku lain, tanya guru, ortu, temen, kakak, siapapun yang kamu pikir bisa.
    Kalo sudah ketemu kuncinya, jangan lupa Jurus 1: Jurus Singkat-Padat. Tulis pokok materinya saja dengan bahasamu sendiri. Dan wilayah kekuasaanmu pun bertambah luas!


JURUS 5: JURUS RENCANA RAPI-JALI
Supaya gak bingung mo belajar apa aja, bikin dulu Rencana Materi yang mau dipelajari. Rencana ini isinya daftar materi yang mo dipelajari. Bikin berdasar urutan prioritas. Yang paling penting, taruh di paling atas. Contoh daftarnya gini:
  1. Belajar Proses Pencernaan Manusia (Sains)
  2. Belajar Operasi Bilangan Bulat (Matematika)
  3. Belajar Peribahasa ( Bahasa Indonesia)
  4. Dst...dst..
Kalo sudah OK, mulai belajar sesuai Rencana tadi. Jangan tergoda untuk pindah ke daftar berikutnya, kalo kamu belum selesai menguasai yang sedang kamu pelajari. Ini namanya disiplin,


JURUS 6: JURUS ISTIRAHAT TAK KULUPA
Kunci jurus ini: jangan duduk melototin buku pelajaran terus-terusan. Kasih istirahat buat mata, punggung, otak, dan badan kamu. Seperti kata Seurieus, “siswa juga manusia...!!”
Tiap satu jam, ambil waktu istirahat sebentar. Gerakin badan, jalan ke luar ruangan, mata diarahkan memandang benda yang jauh. Mo makan-minum dikit juga boleh, kok! Tapi jangan nonton TV atau main game, ya! Nanti bisa keterusan dan bikin males balik belajar lagi.
Istirahat jangan lama-lama. Cukup 15 menit aja. Balik lagi ke tempat belajar. Lanjutkan belajarnya sesuai Rencana. OK!

JURUS 7: JURUS KELOMPOK 4-5
Pasti kamu punya temen-temen yang suka main bareng. Nah, kalo sekalian dijadiin kelompok belajar, pasti deh tambah seru. Dengan belajar berkelompok, suasana belajar bisa lebih fun dan gak bikin bete. Apa jurus ampuh biar kelompok belajarmu paling ok?
  • Bikin satu kelompok isinya 4 sampai 5 orang aja.
  •     Bagi rata bahan ujian ke setiap anggota.
  •    Lalu masing-masing anggota mempelajari sampai paham bahan ujian yang menjadi bagiannya.
  •     Ajarkan ke anggota yang lain sampe bener-bener ngerti.
  •     Lakukan bergantian sampai semuanya mendapat giliran.
That's all, folk.
Kalo sudah kamu kuasai jurus-jurus di atas, ujian apapun gak akan bikin keder!

by : Ria Luvita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar